Tangerang Selatan IMG Saturday, 28-11-2020
IMG-LOGO

PPS Rempoa Uji Publik DPS

by Editor - 30/09/2020 18:45:44
IMG

CIPUTAT TIMUR-Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur menyelenggarakan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan 2020.

 Ketua PPS Rempoa, Hasanuddin mengungkapkan, uji publik ini bagian daripada salah satu tahapan yang wajib dijalankan. Jangan sampai tidak dilakukan sebab sangat penting sekali. “Uji publik DPS adalah salah satu dari serangkaian tahapan kegiatan Pilkada yang harus dilakukan oleh PPS,” ujarnya.

Lanjut ia, dalam pencocokan dan penelitian (coklit), masyarakat pun diharapkan turut berperan aktif dengan mengecek papan nama yang tertera, apakah sudah sesuai atau belum. Jika memang ada yang kurang cocok perlu disampaikan. Misalnya ada perbedaan ejaan nama, NIK dan lain sebagainya dapat diperbaiki. “Tujuan uji publik DPS adalah untuk memverifikasi daftar pemilih yang ada di DPS, yang merupakan hasil penyaringan (coklit) oleh PPDP bulan Agustus lalu,” tambah ia

 Dari uji publiK ini akan didapati perubahan yang meliputi beberapa hal seperti seperti yang telah meninggal, pindah alamat dan pemilih ganda. Karena pada Oktober nanti akan dinaikan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Juga menguji apakah pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) telah hilang dari daftar pemilih. Serta memastikan tak ada lagi pemilih ganda /dobel. Pada Oktober DPS akan dijadikan daftar pemilih tetap (DPT),” bebernya.

 Tahapan selanjutnya adalah pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemunggutan Suara (KPPS). PPS berharap Ketua RT proaktif mengkondisikan 7 orang KPPS dan 2 orang Linmas untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS). Adapun persyaratan utama KPPS adalah berusia 20 - 50 tahun, bukan pengurus parpol atau tim pemenangan paslon serta bersedia di rapid test. Sementara itu jumlah TPS Rempoa 58 TPS dengan Jumlah DPS: 19. 993 Pemilih terdiri dari laki-laki 9.779 dan perempuan 10.214.(din)

 


Baca Juga