Tangerang Selatan IMG Saturday, 28-11-2020
IMG-LOGO

Komisi II DPRD Pandeglang Diduga Kunker di Luar Jadwal

by Editor - 31/08/2020 19:14:07
IMG

PANDEGLANG - Sejumlah anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pandeglang diduga melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Lebak di luar jadwal yang sudah diagendakan dalam Badan Musyawarah (Bamus). Sesuai jadwal, Komisi II mulai Minggu hingga Rabu (23-26/8) melakukan kunker ke Lampung dan Brebes.

 Namun Rabu (26/8) siang, tujuh anggota Komisi II didampingi beberapa staf melakukan kunker ke DPRD Lebak dengan agenda “Pasca Penetapan Raperda APBD Perubahan 2020”. Kunker tujuh anggota Komisi II termasuk Ketua Komisi II, Agus Sopian diduga tidak sesuai jadwal Bamus yang sudah diagendakan, yakni Jumat (28/8). Padahal sesuai agenda, persetujuan bersama APBD Perubahan TA 2020 baru akan dilaksanakan Kamis (27/8) di Gedung DPRD Pandeglang. "Ya, tadi (Rabu, red) kunker ke DPRD Lebak," ujar salah satu anggota Komisi II DPRD Pandeglang.

 Senada disampaikan anggota Komisi II lainnya yang membenarkan komisinya kunker ke DPRD Lebak. Namun setelah membenarkan adanya kunker, Rabu (26/8) sumber tersebut tidak lama kemudian meralatnya dengan menyatakan tidak ada kunker ke DPRD Lebak hari itu dan baru akan dilaksanakan Jumat. "Sudahlah jangan diberitain yang seperti itu mah. Tidak ada kunker hari Rabu, tapi nanti Jumat," ucap sumber tersebut, Rabu (26/8) malam.

 Sementara, Jumat (28/8) sekitar pukul 08.00 WIB, dua anggota Komisi II DPRD Pandeglang, Dadi Rajadi dan Rika Kartikasari melaksanakan kunker ke DPRD Lebak. Keduanya diterima oleh pegawai Sekretariat DPRD Lebak.

 Mereka melakukan kunker sesuai jadwal dan surat tugas yang sudah diterima untuk dilaksanakan pada Jumat (28/8). Namun keduanya enggan mengomentari terkait rekannya di Komisi II yang melaksanakan kunker Rabu lalu atau sepulang kunker dari Brebes dan Lampung. "Hari Jumat kita kunker ke DPRD Lebak sesuai dengan jadwal, tadi sudah diterima oleh pegawai di Setwan DPRD Lebak," singkat Rika.

 Usai Rika dan Dadi melakukan kunker, tidak lama kemudian tiba Ketua Komisi II, Agus Sopian disusul anggotanya Anton Haerulsamsi. Selang beberapa menit kemudian beberapa anggota Komisi III DPRD Pandeglang juga tiba di DPRD Lebak untuk melaksanakan kunker dengan agenda "Optimalisasi Pemanfaatan Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran 2020 di Kabupaten Lebak".

 Rombongan Komisi III yang dipimpin oleh Yangto ini langsung memasuki ruang rapat paripurna, termasuk Ketua Komisi II, Agus Sopian dan ketiga anggotanya Rika Kartikasari, Anton Haerulsamsi, dan Dadi Rajadi yang kembali mengikuti acara bersama Komisi III. Dalam ruang rapat paripurna, kedua komisi itu diterima oleh Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Pandeglang, Haerudin.

 Setelah kunker selesai, Sekretaris Komisi II, Khumaedi, tiba ke DPRD Lebak  dan melakukan foto berdua dengan staf Setwan DPRD Lebak sebagai bukti telah melaksanakan kunker. Kemudian pada pukul 15.20 WIB, Wakil Ketua Komisi II, Yadi Murodi dan anggota Novia Rahtami keluar dari Gedung DPRD Lebak, usai melakukan kunker.

 Sumber di internal Sekretariat DPRD Lebak yang namanya minta dirahasiakan mengakui jika Rabu (26/8) ada dari Komisi II DPRD Pandeglang didampingi staf menyerahkan surat dan berencana melakukan kunker hari itu. "Pak saya mau kunker, tapi saya lihat suratnya hari Jumat dan kebetulan bareng juga dengan Komisi III (DPRD Pandeglang, red)," ujar sumber tersebut, menirukan percakapan dengan rombongan Komisi II yang dipimpin oleh Agus Sopian.

 Karena surat tugas DPRD Pandeglang dengan nomor: 172.3/880-DPRD/2020 perihal kunjungan kerja Komisi II DPRD Pandeglang dilaksanakan Jumat (28/8), maka pihaknya tidak menerima kunker hari itu. Apalagi dalam pandemi Covid-19, DPRD Lebak menutup kunker dari daerah luar.

 "Ini kita baru buka kunker, tapi baru yang dekat-dekat saja. Pandeglang kan dekat dengan Lebak dan juga bukan zona merah. Karena kita tidak sembarangan dan harus ada izin dari pimpinan," tutupnya.(rie)

 

 


Baca Juga