Tangerang Selatan IMG Saturday, 28-11-2020
IMG-LOGO

Pendampingan Koperasi 10 Bulan

by administrator - 06/08/2020 22:05:01
IMG

CIPUTAT-Pendampingan koperasi dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel dilaksanakan sejak Maret kemarin hingga Desember mendatang atau tepatnya 10 bulan lamanya. Pendampingan koperasi ini, berupaya agar koperasi yang ada lebih optimal lagi.

Petugas Pendamping Koperasi dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Erwin Suryana menyampaikan program ini dari Kemenkop dan UKM yang titik lokusnya ada di Dinas Koperasi dan UKM Tangsel. Adapun tujuan diadakannya petugas pendamping koperasi adalah upaya dalam mewujudkan koperasi yang sehat. Koperasi yang sehat, tentunya harus lebih optimal di mana ada banyak aspek yang meliputi di dalamnnya.

 “Mulai dari aspek legalitasnya lengkap atau tidak, catatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dijalanakan atau tidak. Karena ciri koperasi yang sehat dan prima adalah diadakannya RAT sebagai bentuk pertangungjawaban pengurus kepada para anggota atas perkembangan koperasi yang dijalankan,” kata Erwin.

Sebagi pendamping, tentunya jika ada koperasi yang masih memiliki kekurangan diberikan masukan untuk dibenahi. Misalnya tetang pengembangan usaha yang harus dioptimalkan. Jenis bidang usaha yang cocok dikembangkan dan pangsa pasarnya kemana saja, serta sasaran siapa saja. Semua diberikan pengarahan atau masukan kepada pengurus.

“Rata-rata dari 10 koperasi yang saya dampingi, adalah koperasi baru yang berdiri tahun 2019 lalu. Namun tidak semuanya, karena ada juga koperasi yang sudah lama juga turut mendapatkan pendampingan,” tambah Erwin.

Adapun yang memilih koperasi mana mendapatkan pendampingan itu Dinas Koperasi dan UKM. Terlebih koperasi di Tangsel jumlahnya cukup banyak mencapai ratusan. Tentu hadirnya program Kemenkop dan UKM ini sangat membantu dalam menunjang kemampuan koperasi di wilayah.

“Program Kemenkop, sementara Dinas Koperasi dan UKM  yang milih orangnya siapa. Sementara itu, dari Tangsel, sebagai petugas pendamping koperasi adalah saya sendiri dari sedangkan pendamping UKM adalah Ibu Lilis berasal dari Koperasi KKCM,” jelas Erwin.

Mendapatkan tugas mendampingi koperasi adalah pekerjaan yang sangat menggembirakan. Pertama memang koperasi adalah kekuatan ekonomi masyarakat, di sana ada kegotong royongan, ada kekompakan, kebersamaan. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ekonomi sedang terjun bebas, tentu peran koperasi melalui unit usahanya akan berupaya keras.

“Tentunya bisa bersilaturahmi dengan para pengurus koperasi, memberikan masukan kepada pengurus dan berdiskusi tentang peluang yang ada. Semoga hadirnya program ini hasilnya dapat diharapkan koperasi-koperasi yang ada lebih bergeliat mampu bersaing dalam aspek dunia usaha dan pengembangan produk baik di Tangsel hingga keluar daerah bahkan nasional,” tutupnya.(din)


Baca Juga